top of page

Group

Public·9 members

CONTOH SOAL UJIAN UT STRATEGI PEMBELAJARAN TK


Contoh Soal Ujian UT Strategi Pembelajaran TK




Strategi pembelajaran TK adalah salah satu mata kuliah yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka (UT) untuk program studi Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK). Mata kuliah ini membahas tentang berbagai strategi, metode, media, materi, dan kegiatan belajar mengajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat TK. Mata kuliah ini juga melatih mahasiswa dalam merencanakan dan mengelola kegiatan belajar TK secara efektif dan efisien.


Download File: https://9terrupida.blogspot.com/?file=2w4pMW


Untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah ini, UT menyelenggarakan ujian akhir semester (UAS) yang terdiri dari soal pilihan ganda dan esai. Ujian ini dilakukan secara online melalui UT-Online, sebuah sistem pembelajaran jarak jauh yang dikembangkan oleh UT. Ujian ini bersifat mandiri, artinya mahasiswa dapat mengikuti ujian kapan saja dan di mana saja selama periode ujian berlangsung.


Berikut adalah beberapa contoh soal ujian UT strategi pembelajaran TK beserta jawaban dan pembahasannya. Contoh soal ini diambil dari berbagai sumber, seperti modul mata kuliah, tugas mandiri (TM), dan kisi-kisi ujian. Contoh soal ini tidak bermaksud untuk memberikan bocoran soal ujian, melainkan hanya sebagai bahan belajar dan latihan bagi mahasiswa. Mahasiswa tetap harus mempelajari materi mata kuliah secara lengkap dan mendalam untuk dapat menjawab soal ujian dengan baik.


Contoh Soal Pilihan Ganda





Strategi pembelajaran TK adalah ....


a. proses penyampaian materi pembelajaran oleh guru kepada anak


b. proses pengembangan potensi anak melalui kegiatan belajar mengajar


c. proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan belajar mengajar


d. proses pemilihan dan penggunaan metode, media, materi, dan kegiatan belajar mengajar


Jawaban: d


  • Pembahasan: Strategi pembelajaran TK adalah proses pemilihan dan penggunaan metode, media, materi, dan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan karakteristik anak, tujuan pembelajaran, dan situasi belajar .



Salah satu langkah pengembangan metode pembelajaran adalah ....


a. menentukan tujuan pembelajaran


b. menentukan materi pembelajaran


c. menentukan media pembelajaran


d. menentukan evaluasi pembelajaran


Jawaban: a


  • Pembahasan: Langkah pertama pengembangan metode pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran akan menentukan jenis metode yang akan digunakan.



Media pembelajaran adalah ....


a. alat bantu yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran


b. alat bantu yang digunakan anak untuk menerima materi pembelajaran


c. alat bantu yang digunakan guru dan anak untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran


d. alat bantu yang digunakan guru dan anak untuk mengevaluasi hasil pembelajaran


Jawaban: c


  • Pembahasan: Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan guru dan anak untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat berupa audio, visual, audiovisual, atau gabungan dari ketiganya.



Materi pembelajaran adalah ....


a. isi atau substansi yang disampaikan oleh guru kepada anak dalam proses pembelajaran


b. isi atau substansi yang diterima oleh anak dari guru dalam proses pembelajaran


c. isi atau substansi yang dipelajari oleh anak secara mandiri dalam proses pembelajaran


d. isi atau substansi yang dipahami oleh anak sebagai hasil dari proses pembelajaran


Jawaban: a


  • Pembahasan: Materi pembelajaran adalah isi atau substansi yang disampaikan oleh guru kepada anak dalam proses pembelajaran. Materi pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik anak, dan kurikulum yang berlaku.



Kegiatan belajar mengajar adalah ....


a. proses interaksi antara guru dan anak dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran


b. proses interaksi antara anak dan teman sebaya dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran


c. proses interaksi antara anak dan lingkungan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran


d. proses interaksi antara guru, anak, teman sebaya, dan lingkungan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran


Jawaban: d


  • Pembahasan: Kegiatan belajar mengajar adalah proses interaksi antara guru, anak, teman sebaya, dan lingkungan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara formal, nonformal, atau informal.




Contoh Soal Esai





Jelaskan pengertian pendekatan belajar TK dan sebutkan beberapa contohnya!


  • Jawaban: Pendekatan belajar TK adalah cara pandang atau sudut pandang yang digunakan untuk merancang dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tingkat TK. Pendekatan belajar TK dapat berdasarkan pada teori belajar, aspek perkembangan anak, atau tema tertentu. Beberapa contoh pendekatan belajar TK adalah pendekatan behavioristik, kognitif, konstruktivis, humanis, sosial kultural, perkembangan anak, bermain, proyek, integratif, tematik, dan kontekstual.



Jelaskan pengertian model pembelajaran TK dan sebutkan beberapa contohnya!


  • Jawaban: Model pembelajaran TK adalah pola atau kerangka kerja yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran TK. Model pembelajaran TK dapat berupa metode, teknik, atau prosedur yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak. Beberapa contoh model pembelajaran TK adalah model langsung, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penemuan terbimbing, inkuiri, kooperatif, pemecahan masalah, simulasi, role playing, dan dramatisasi.



Jelaskan pengertian perencanaan kegiatan belajar TK dan sebutkan macam-macamnya!


  • Jawaban: Perencanaan kegiatan belajar TK adalah proses menentukan apa yang akan dilakukan oleh guru dan anak dalam kegiatan belajar mengajar di tingkat TK. Perencanaan kegiatan belajar TK bertujuan untuk memberikan arah, pedoman, dan standar bagi guru dan anak dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Macam-macam perencanaan kegiatan belajar TK adalah perencanaan jangka panjang (kurikulum), perencanaan jangka menengah (program), perencanaan jangka pendek (rencana pelaksanaan pembelajaran), dan perencanaan harian (agenda harian).



Jelaskan pengertian pengelolaan kegiatan belajar TK dan sebutkan bentuk-bentuknya!


  • pengelolaan ruang, waktu, materi, media, dan sumber belajar), pengelolaan anak (pengelolaan perilaku, motivasi, partisipasi, dan prestasi anak), dan pengelolaan guru (pengelolaan diri, kompetensi, profesionalisme, dan kesejahteraan guru).



Jelaskan pengertian evaluasi kegiatan belajar TK dan sebutkan jenis-jenisnya!


  • Jawaban: Evaluasi kegiatan belajar TK adalah proses mengukur dan menilai hasil kegiatan belajar mengajar di tingkat TK. Evaluasi kegiatan belajar TK bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran, kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran, serta dampak pembelajaran bagi perkembangan anak. Jenis-jenis evaluasi kegiatan belajar TK adalah evaluasi formatif (evaluasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk memberikan umpan balik dan perbaikan), evaluasi sumatif (evaluasi yang dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk menentukan nilai akhir dan kelulusan), dan evaluasi otentik (evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber dan metode yang relevan dengan konteks belajar anak).




Demikianlah contoh soal ujian UT strategi pembelajaran TK beserta jawaban dan pembahasannya. Semoga contoh soal ini dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester. Selamat belajar dan semoga sukses!




About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page